Tugas Sistem Informasi Psikologi 4

Nama : dewi sartika

Kelas : 4pa01

NPM : 15509128

DATA (SASD, DASD, BATCH, On-Line, Real Time Processing)

 

Data

– File yaitu kumpulan catatan data yang berhubungan dengan subyek tertentu.

– Catatan adalah elemen data yang berhubungan dengan obyek tertentu.

– Elemen data yaitu unit data terkecil yang tidak dapat lagi dibagi menjadi kecil.

Manajemen data

Merupakan bagian dari manajemen sumber daya informasi yang mencakup semua kegitan yang memastikan bahwa uber daya perusahaan akurat, mutakhir, aman dari gangguan, di pengguna. Kegiatan manajemen dat meliputi :

a. Pengumpulan data                                      

b. Integritas dan Pengujian

c. Penyimpanan

d. Pemeliharaan

e. Keamanan

f. Organisasi

g. Pengambilan.

Media Penyimpanan Data Sekunder

Semua computer meliputi sejenis penyimpanan ekunder uuntuk melengkapi penyimpanan yang berada dalam CPU dengan mengacu pada penyimpanan Berurutan dan penyimpanan Akses langsung. Secara umum media penyimpanan sekunder terbagi menjadi dua jenis yaitu :

1. SASD (Serial/sequential access storage device)

Organisasi berkas sequential adalah merupakan cara yang paling dasar untuk mengorganisasikan kumpulan record-record dalam sebuah berkas. Dalam organisasi berkas sequential, pada waktu record ini dibuat, record-record direkam secara berurutan. Record pertama ditempatkan pada posisi pertama dalam berkas, record kedua ditempatkan pada posisi kedua dalam berkas dan seterusnya. Begitu pula pada waktu pengaksesan dan pada waktu berkas ini digunakan sebagai input, record-record harus diakses secara berurutan. Jadi dalam organisasi berkas sequential, bukan berarti bahwa record-record tersebut disimpan dalam urutan numerik. Jika kita ingin menambahkan suatu record pada berkas sequential, maka record tersebut akan terletak pada akhir berkas. Organisasi berkas sequential dapat terdiri dari record-record yang berbeda jenis. Sebagi media penyimpanan computer hany dapat memproses data yang disusun secara berurutan.

Penyimpanan berurtan ( sequential storage) merupakan suatu organisasi atau penyususnan data pada media penyimpanan yang terdiri dari satu catatan mengikuti catatan pegawai. Bila penyimpanan beururtan yang digunakan, data pertama harus diolah pertama kali, dan kemudiandata kedua, seterusnya sampai akhir dari dokumen tersebut tercapai.

 

Pembuatan Berkas Sequential

Pembuatan berkas sequential meliputi penulisan record-record dalam serangkaian yang diinginkan pada media penyimpanan. Pembuatan berkas transaksi sequential meliputi tugas-tugas:

  • Pengumpulan data
  • Perubahan data dalam bentuk bahasa yang dapat dibaca oleh mesin
  • Pengeditan data
  • Pemeriksaan transaksi yang ditolak
  • Penyortiran edit data
  •  

Pembuatan Berkas Laporan

Dalam pembuatan berkas laporan sequential dikenal 3 jenis record :

1)      Header Record;

Mencakup report header, page header dan group header. Dikenal sebagai informasi pengenal (Identifying Information).

2)      Detail Record;

Mencakup isi laporan yang umumnya disusun dalam kolom.

3)      Footer Record;

Mencakup report footer, page footer dan group footer. Dikenal sebagai informasi ringkasan (Summary Information).

2. DASD (Direct access storage device)

 Penyimpanan akses langsung yang suatu penyimpanan yang memungkinkan mekanisme bacaan atau tulisan dapat diarahkan ke record tertentu tanpa pencarian secara urutan, memiliki prinsip kerja seperti sebuah CD lagu, kita tidak perlu menyetel lagu pertama jika ingin mendengarkan lagu kedua. DASD (Penyimpanan akses langsung / direct access storage device) Penyimpanan akses langsung (direct access storage) adalah suatu cara mengorganisasikan data yang memungkinkan catatan-catatan ditulis dan dibaca tanpa pencarian secara berurutan. Unit perangkat keras yang memungkinkan hal ini disebut direct accsess storage divice (DASD). DASD memiliki mekanisme membaca dan menulis yang dapat diarahkan ke lokasi manapun dalam medium penyimpanan. Walau beberapa teknologi DASD telah dibuat, yang paling populer adalah piringan magnetic.

Penyimpanan akses langsung (Direct Acces storage) adalah suata cara untuk mengorganisasikan data yang memungkinkan catatan-catatan ditulis dan dibaca tanpa pencarian secara berurtan. DASD memiliki mekanisme membaca dan menulis yang dapat diarahkan kelokasi manapun dalam media penyimpanan. Teknologi DASD baru adalah Compact Disk, Laser Disk, atau Optical Disk, menggambarkan data dengan kombinasi goresan-goresan harus diatas permukaan piringan yang diciptakan oleh sinar laser.

 

Pemrosesan Data

1. pemrosesan batch

Pengumpulan transaksi dan pemrosesan semua sekaligus dalam batch, kelemahan dari pemrosesan ini manajemen tidak selalu memiliki informasi mutakhir yang menggambarkan sistem fisik. Batch processing adalah suatu model pengolahan data, dengan menghimpun data terlebih dahulu, dan diatur pengelompokkan datanya dalam kelompok-kelompok yang disebut batch. Tiap batch ditandai dengan identitas tertentu, serta informasi mengenai data-data yang terdapat dalam batch tersebut. Setelah data-data tersebut terkumpul dalam jumlah tertentu, data-data tersebut akan langsung diproses.

Contoh dari penggunaan batch processing adalah e-mail dan transaksi batch processing. Dalam suatu sistem batch processing, transaksi secara individual dientri melalui peralatan terminal, dilakukan validasi tertentu, dan ditambahkan ke transaction file yang berisi transaksi lain, dan kemudian dientri ke dalam sistem secara periodik. Di waktu kemudian, selama siklus pengolahan berikutnya, transaction file dapat divalidasi lebih lanjut dan kemudian digunakan untuk meng-up date master file yang berkaitan.

 

Strategi Pengolahan Batch

Untuk membantu merancang dan mengimplementasikan sistem batch, batch blok aplikasi dan pola dasar pembangunan harus disediakan untuk para desainer dan programer dalam bentuk grafik struktur sampel dan kerang kode. Ketika mulai desain pekerjaan batch, logika bisnis harus didekomposisi menjadi serangkaian langkah-langkah yang dapat diimplementasikan dengan menggunakan blok bangunan standar berikut:

Konversi Aplikasi:

Untuk setiap jenis file yang disediakan oleh atau yang dihasilkan ke sistem eksternal, aplikasi konversi perlu diciptakan untuk mengubah catatan transaksi yang disertakan ke dalam format standar yang diperlukan untuk diproses. Jenis aplikasi batch dapat sebagian atau seluruhnya terdiri dari utilitas terjemahan modul (lihat Dasar Batch Layanan).

1. Validasi Aplikasi:

Aplikasi Validasi memastikan bahwa semua input / output catatan benar dan konsisten. Validasi biasanya didasarkan pada header file dan trailer, dan algoritma checksum validasi serta tingkat catatan pemeriksaan silang.

2. Ambil Aplikasi:

Sebuah aplikasi yang membaca satu set catatan dari database atau file input, memilih catatan berdasarkan aturan yang telah ditetapkan, dan menulis catatan ke file output.

3. Ekstrak / Update Aplikasi:

Sebuah aplikasi yang membaca data dari database atau file masukan, dan membuat perubahan pada database atau output file didorong oleh data yang ditemukan di setiap record input.

4. Pengolahan dan Memutakhirkan Aplikasi:

Sebuah aplikasi yang melakukan proses transaksi input dari ekstrak atau aplikasi validasi. pemrosesan biasanya akan melibatkan membaca database untuk memperoleh data yang diperlukan untuk pengolahan, berpotensi pembaruan basis data dan membuat catatan untuk pemrosesan output.

5. Output Aplikasi Format /:

Aplikasi membaca file input, merestrukturisasi data dari catatan ini sesuai dengan format standar, dan menghasilkan output file untuk pencetakan atau transmisi ke program lain atau sistem. Selain aplikasi dasar shell harus disediakan untuk logika bisnis yang tidak dapat dibangun dengan menggunakan blok bangunan yang telah disebutkan sebelumnya.

 

Tahapan yang harus dilalui Bacth Processing, yaitu:

a. Convertion, atau  Konversi

b. Edit atau Koreksi

c. Sorting atau Pengurutan

d. File Maintanance atau Pemeliharaan file

e. File Extraction atau Penguntip/cuplikan

 

2. Pemrosesan Online

Pengolahan transaksi satu persatu kadang saat terjadinya transaksi , karena pengolahan online berorientasi transaksi. Merupakan sebuah sistem yang mengaktifkan semua periferal sebagai pemasok data, dalam kendali komputer induk. Informasi-informasi yang muncul merupakan refleksi dari kondisi data yang paling mutakhir, karena setiap perkembangan data baru akan terus diupdatekan ke data induk. Pengolahan langsung dikembangkan untuk mengatasi masalah arsip yang ketinggalan zaman. Terobosan teknologi yang memunkinkan pengelolaan langsung adalah penyimpanan piring magnetic.

Salah satu contoh penggunaan online processing adalahtransaksi online (E-commerce, Ebay, Internet Banking, Reservation Ticket, Pendaftaran Online,dll). Dalam sistem pengolahan online, transaksi secara individual dientri melalui peralatan terminal, divalidasi dan digunakan untuk meng-update dengan segera file komputer. Hasil pengolahan ini kemudian tersedia segera untuk permintaan keterangan atau laporan

3. Sistem Real Time

Sistem yang mengendalikan sistem fisik, dimana sistem ini mengharuskan komputer berespon cepat pada sistem fisik. Real-time systems. Sistem real-time adalah mekanisme pengontrolan, perekaman data, pemrosesan yang sangat cepat sehinga output yang dihasilkan dapat diterima dalam waktu yang relatif sama. Perbedaan dengan sistem on-line adalah satuan waktu yang digunakan real-time biasanya seperseratus atau seperseribu detik sedangkan on-line masih dalah skala detik atau bahkan kadang beberapa menit.

1.   Pemrosesan real time akan sangat menyederhanakan siklus kas perusahaan. Sistem real time dengan terminal komputer yang terhubung dengan komputer pusat akan mengurangi atau malah menghilangkan hambatan-hambatan seperti keterlambatan beberapa hari antara pengambilan pesanan dan penagihan ke pelanggan.

2.  Pemrosesan real time memberikan perusahaan keuntungan persaingan pada pasar. Dengan memelihara informasi persediaan, staf penjualan dapat menentukan dengan cepat bahwa terdapat persediaan di gudang. Informasi yang mutakhir yang disediakan melalui proses real time akan meningkatkan  kemampuan perusahaan untuk memaksimalkan kepuasan pelanggan, yang menyebabkan peningkatan penjualan.

3.    Prosedur manual mempunyai kecenderungan untuk menghasilkan kesalahan kritis, seperti nomor rekening yang salah, nomor persediaan yang tidak valid, dan salah dalam melakukan perhitungan harga. Program perbaikan yang dilakukan secara real time memperbolehkan untuk memperbaiki banyak tipe kesalahan yang mengidentifikasi dan meningkatkan efektifitas serta efisiensi operasional.

 

Daftar Pustaka

Sistem Informasi Management, Chr, Jimmy. L. Gaol, (2008)

http://books.google.co.id/books?id=VFFQD2eHGYYC&pg=PA323&lpg=PA323&dq=media+data+berurutan&source=bl&ots=Ur6YI_K88W&sig=baIRT7lkO71pbN8AiBbFKrUFdcM&hl=id&sa=X&ei=w7qCUKKLJIftrAfwpYGACg&ved=0CCsQ6AEwAA#v=onepage&q=media%20data%20berurutan&f=false

IT Ergonomics, Feri Sulianta, (2010)

http://books.google.co.id/books?id=TRBRySxpxs0C&pg=PA79&lpg=PA79&dq=pengertian+batch+processing&source=bl&ots=XyRaJVuB1b&sig=fjcBEDMXL4eFNJvVROojbRms2iY&hl=id&sa=X&ei=WsOCULyUNMLtrQfMmYD4CA&ved=0CCgQ6AEwAA#v=onepage&q=pengertian%20batch%20processing&f=false

Rika arditasari, 25,11,2011

http://rikaarditasariblogs.blogspot.com/2011/11/pemrosesan-data-online.html

Isnaeni, 4-3-2011

http://ichnurezha.wordpress.com/2011/03/04/perbedaan-batch-processing-dan-online-processing/

Lingga, 9-3-2011

http://mugetsuryan.blogspot.com/2011/03/pemrosesan-data-online-dan-offline.html

Triana, 6-11-2011

http://janithatriana.blogspot.com/2011/11/6-database.html

Saefudin, 2-4-2009

http://saefudin.staff.jak-stik.ac.id/files/sistem-berkas[2].doc

http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2011/01/data-base-5/

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: