TUGAS 2 SISTEM INFORMASI PSIKOLOGI .

Nama : dewi sartika

Kelas : 4pa01

NPM : 15509128

 

-ARSITEKTUR KOMPUTER-

 

Perubahan Definisi Arsitektur Komputer
• 1950 -1960                        : Arsitektur komputer adalah suatu komputer aritmatik

• 1970 – pertengahan 1980  : Arsitektur komputer adalah suatu desain instruksi untuk suatu compiler

• 1990                                   : Arsitektur komputer adalah suatu bentuk desain CPU, sistem memori, 

                                                sistem I/O, multiprosesor dan network computer

• 2010                                   : Arsitektur komputer : suatu sistem yang dapat beradaptasi sendiri, struktur 

                                                yang dapat mengorganisasikan sendiri, sistem DNA

Ketika seseorang memikirkan computer, mereka sering sekali memikirkan sekumpulan professor computer dan alat-alat input dan output. Computer mainframe terbesar dan personal computer dimeja anda memiliki arsitektur serupa. Computer memiliki susunan beberpa perangkat sebagai penggeraknya dan sering dikata sebagai satu skema computer (computer schematic) skema ini dibentuk sejak awal permulaan komputer. Analog dengan manusia, komputer juga mempunyai bagian-bagaianyang mempunyai fungsi berbeda-beda. Susunan letak danhubungan antar bagian-bagian hingga membentuk tubuh komputer disebut sebagai arsitektur komputer. Atau dengan kata lain arsitektur komputer merupakan pengorganisasian bagian-bagain fungsional sebuah komputer. Pada prinsipnya sebuah sistem komputer terdiri dari 3 bagian utama :

1.  Perangkat keras  (Hardware)

 Perangkat ini dapat dibentuk kotak yang terhubung melalui sebah kabel elektronika. Perangkat ini dapat berbentuk sebuah mesin pemutar disket, harddisk, mother board.

2. Perangkat lunak (software)

Perangkat ini mengendalikan semua unit system yang ada dikomputer, baik itu dimonitor, hardware, ataupu software.

3.  CPU (Central Processing unit)

Jenis perangkat ini berfungsi untuk menjalankan semua perangkat yang ada .

 

 

Ada 2 bagian pokok arsitektur komputer

1. Instructure Set Architecture
    Spesifikasi yang menentukan bagaimana programmer bahasa mesin berinteraksi dengan computer

2. Hardware System Architacture
    Meliputi subsistem hardware dasar yaitu CPU, Memori dan I/O system

 

-KOGNITIF MANUSIA-

Bakat kognitif manusia mencakup berbagai kemampuan yang luas perangcangan interaksi haru mempertimbangkan berbagai faktor kognitif, lingkungan komputasi mempengaruhi daya penalaran manusia. Perancangan system computer harus memperhatikan berbgai aspek yang menyangkut adanya perbedaan dinamika kognitif, berikut adalaha aspe-aspek yang berhubungan dengan kognitif :

1. Usia  : Sejumlah system dirancang untuk digunakan oleh anak-anak kecil yang belajar  ketrampilan dasar seperti membaca dan berhitung.

2. Cacat : system computer dapat diancang utuk diguaka oleh orang-orang cacat.

3. Derajat pengetahuan teknis  :  sejumlah system dirancang utuk diguakan oleh orag yang mempunyai ketrampila dan fasilitas khusus.

4. focus  : system computer dapat dirancang utuk orag yang memfokuskan diri secara penuh pada saat bekerja.

5. Tekanan Kognitif : system computer digunakan dilingkungan yang berbeda dengan tingkat tekanan kognitif yang berbeda pula.

Panca indera manusia, persepsi, kognitif, dan pengendalian motorik memegang peran yang sangat penting dalam system manusia computer. Karakteristik dan unjuk kerjanya diperoleh dengan berbagai penelitian dan pengalaman empiris. Persepsi dan kognitif oleh sementara orang dianggap sebagai proses yang kurang lebih berbeda. Mekanisme perceptual memerlukan proses aktif yang melibatkan kognisi. Sebagai contoh , ketika kita mendengarkan music maka akan terjadi pengolahan berkecepatan tinggi sebelum kita mulai dapat membedakan pitc dari 2 alat music.

-HUBUNGAN ARSITEKTUR KOMPUTER DAN KOGNISI MANUSIA-

Sebelum kita jauh masuk sebenernya ada ga ya hubungannya Struktur Kognisi Manusia dengan Arsitektur Komputer? nah buat memperjelas kita baca yukkkk………. Model kognitif merupakan suatu model yang berhubungan dengan sistem interaktif yang memodelkan aspek pengguna, seperti pemahaman, pengetahuan, tujuan dan pemrosesan. Kategorisasi khusus model ini adalah kompetensi kinerja, selera komputasi, tanpa disertai pembagian yang jelas.

 

Banyak model yang menggunakan pemrosesan mental dimana user mencapai tujuan dengan memecahkan sub-tujuan secara divide-and-conquer (bagi dan taklukkan). Model yang digunakan pada metode ini adalah :

1.     GOMS merupakan model Goals, Operators, Methods, Selections yang diperkenalkan oleh Card, Moran dan Newell.

a.    Goal adalah tujuan yang ingin dicapai oleh user

 b.    Operator, merupakan level terendah analisis, terdiri atas tindakan dasar yang harus dilakukan  user   

           dalam menggunakan sistem

c.    Method, dimana ada beberapa cara untuk membagi tujuan ke dalam beberapa sub-tujuan

d.    Selection, merupakan pilihan terhadap metode yang ada.

 

GOMS tidak membiarkan pilihan menjadi random, namun lebih dapat diprediksi yang secara umum tergantung dari user, kondisi sistem dan detai tujuan. Analisis GOMS umumnya terdiri dari satu tujuan tingkat tinggi yang kemudian didekomposisi menjadi deretan unit tugas yang selanjutnya dapat didekomposisi lagi sampai pada level operator dasar. Dekomposisi tujuan antara tugas keseluruhan dan yugas unit melibatkan pemahaman terhadap strategi pemecahan masalah oleh user dan doman aplikasi secara detail. Bentuk deskripsi high level goal ini nantinya diadopsi selama proses analisis tugas. Analisis struktur tujuan GOMS dapat digunakan untuk mengukur kinerja. Kedalaman tumpukan struktur tujuan dapat digunakan untuk mengestimasi kebutuhan memori jangka pendek. Pemilihan dapat diuji keakuratannya dengan jejak user dan perubahan respons.

 

GOMS merupakan metode yang baik untuk mendeskripsikan bagaimana seorang ahli melakukan pekerjaannya. Jika digabung dengan model fisik dan model perlengkapan maka akan dapat digunakan untuk memprediksi kinerja user dari aspek waktu eksekusi.

 

2.    CCT adalah kepanjangan dari Cognitive, Complexity Theory yang diperkenalkan oleh Kieras dan Polson. CCT merupakan perluasan dari GOMS yang mengandung banyak prediksi atau kemungkinan.

 

Pada CCT terdapat dua deskripsi paralel, yaitu :

User goal

Berhubungan dengan aturan produksi. Aturan tersebut berbentuk  IF <kondisi> THEN <aksi> dan dipisahkan antara aturan untuk pemula dan yang sudah ahli

System atau device

Berhubungan dengan jaringan transisi tergeneralisasi yang sangat detail. Terdapat deskripsi yang luas dan jaringan transisinya mencakup semua model dialog. State (kondisi) adalah pernyataan tentang isi memori kerja. Jika kondisi benilai benar maka aturan produksi dijalankan, sedangkan aksi dapat terdiri dari satu atau lebih aksi elementer yang mungkin mengubah memori kerja atau berupa aksi ekternal seperti keystroke. Aturan CCT dapat menggambarkan rencana yang kompleks dibandingkan dengan hirarki sekuensial pada GOMS. Aktivitas yang kontinyu dari semua aturan produksi memungkinkan untuk merepresentasikan rencana yang berkesinambungan. Secara umum, semakin banyak aturan produksi dalam CCT maka akan semakin sulit suatu interface dipelajari.

 

Masalah yang ada pada CCT adalah :

Semakin detail deskripsinya, ukuran deskripsi dari satu bagian interface dapat menjadi sangat besar. Dimungkinkan terdapat beberapa cara untuk merepresentasikan perilaku user dan iterasi yang sama sehingga mengakibatkan adanya perbedaan  pada hasil pengukuran

Pemilihan notasi yang digunakan, karena penggunaan notasi yang berbeda dapat mengakibatkan perbedaan pengukuran

CCT adalah alat rekayasa dengan pengukuran kemudahan untuk dipelajari  dan tingkat kesulitan secara garis besar digabung dengan deskripsi detail perilaku user.

 

. KELEBIHAN DAN KEKURANGAN STRUKTUR KOGNISI DAN ARSITEKTUR KOMPUTER
a. Kelebihan dan kekurangan dari struktur kognisi yaitu :
   Kelebihan :
   1. Struktur kognisi lebih sistematis sehingga memiliki arah dan tujuan yang jelas banyak memberi          

       motivasi agar terjadi proses belajar.
  2.  mengoptimalisasikan kerja otak secara maksimal.

 b.  Kekurangan :
1.  membutuhkan waktu yang cukup lama
c.  Kelebihan dan kekurangan dari arsitektur komputer Mainframe yaitu :
    Kelebihan :
1.  Memiliki processor yang berjumlah lebih dari satu.
2.  Bisa digunakan oleh banyak pengguna (multi user).
 3. Dapat membuka beberapa aplikasi dalam waktu bersamaan
 4. Menggunakan teknologi time sharring.
5.  Kecepatan kerja processornya hingga 1GOPS (Giga Operations Per Second).
     Kekurangan :
1.  Karena ukurannya yang besar, maka diperlukan ruangan yang besar untuk menyimpannya.
 2. Harganya sangat mahal.
3.  Interface dengan pengguna masih menggunakan teks.
4.  Kerjanya sangat lama.
5.  Membutuhkan daya listrik yang sangat besar.

 

RESENSI

Sistem informasi management, Raymond Mcleod,

http://books.google.co.id/books?id=2aXEg7DtCS0C&pg=PA7&lpg=PA7&dq=arsitektur+komputer&source=bl&ots=ENJ1FpHyfa&sig=dGy-s7ODDOag_BoRW4jNB8i6ZYA&hl=id&sa=X&ei=mZ5vUKGWN4XsrAfI34GwBA&ved=0CCkQ6AEwAA#v=onepage&q=arsitektur%20komputer&f=false

Sistem informasi management, Jimmy. L. Gaol,

http://books.google.co.id/books?id=VFFQD2eHGYYC&pg=PA180&lpg=PA180&dq=arsitektur+komputer&source=bl&ots=Ur55F3I51-&sig=fOxkMnlDABbknWhiAIiB7WFP_1Q&hl=id&sa=X&ei=tZ5vUOKSN8vjrAe20oDgCw&ved=0CEAQ6AEwBA#v=onepage&q=arsitektur%20komputer&f=true

Mirna, Arsitektur Komputer, Saturday, September 20, 2008.

http://arsitektur-komputer.blogspot.com/2008/09/arsitektur-komputer.html

Ijam, Cara kerja komputer, 9-15-2010.

http://ml.scribd.com/doc/18496516/Cara-Kerja-Komputer

 

http://ocw.gunadarma.ac.id/course/civil-and-planning-engineering/study-program-of-architectural-engineering-s1/pengantar-arsitektur/komputer-dalam-arsitektur

Interaksi manusia dan komputer, Insap Santoso.

http://books.google.co.id/books?id=_pXa7CvwTC0C&pg=PA38&lpg=PA38&dq=kognitif+manusia+adalah&source=bl&ots=9zDmFSWDyk&sig=h_TVKV67iGi6THsLnkz-NhF7CYA&hl=id&sa=X&ei=Gp9vUIHzFYXprQfHu4GYCg&ved=0CD0Q6AEwBA#v=onepage&q=kognitif%20manusia%20adalah&f=true

Islamologi dari empiris ke Rasionalisme, Hasan Hanafi.

http://books.google.co.id/books?id=epup31kgXM8C&pg=PA315&lpg=PA315&dq=kognisi+manusia+adalah&source=bl&ots=qZryCZCiwb&sig=jt51h_WMpFjNnfa_1vHuZ2lZpDc&hl=id&sa=X&ei=MqZvUPbIG4KIrAe644DgDA&ved=0CCkQ6AEwAA#v=onepage&q=kognisi%20manusia%20adalah&f=false

Arsitektur dan Perilaku manusia, Joyce Marsela.

http://books.google.co.id/books?id=Ltvj89G2AP4C&pg=PA84&lpg=PA84&dq=kognisi+manusia&source=bl&ots=_vz0n-EhRs&sig=hUX11KUts5YhN9bHI4DZkQE24T4&hl=id&sa=X&ei=IKZvUKr_KoePrgfuh4GYDw&ved=0CFkQ6AEwCQ#v=onepage&q=kognisi%20manusia&f=false

 

http://jengfitri-ajah.blogspot.com/2012/03/analisa-perbedaan-sruktur-kognisi.html

 

http://annesdecha.blogspot.com/2012/03/analisa-struktur-kognisi-manusia-dan.html

http://ichasajablogspotcom.blogspot.com/2012/03/analisa-perbedaan-struktur-kognisi.html

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: