Tugas softskill 1pa02

1. Menurut anda mengapa kreativitas begitu bermakna dalam hidup ?

kreatifitas menjadi sangat begitu bermakana dalam hidup saya karena kreatifitas  manusia                 dapat menemukan eksistensi jati dirinya lalu kreatifitas juga dapat menciptakan suatu hidup yang lebih berkualitas sebelum ia menemukan kreatifitasnya.sehingga orang kreatif diberi suatu kekuatan seperti percaya diri untuk berkompetisi.

2. Mengapa kreativitas perlu di pupuk sejak dini ?

Karena menurut saya kreatifitas itu bagaikan mata pisau. Semakin diasah sejak dini semakin tajam dikemudian hari. Begitu juga kreatifitas semakin dilatih sejak dini semakinberguna dikemudian hari.

3. Bagaimana peranan atau strategi 4P untuk anak kreatif ?

Peranan strategi 4P yaitu

*Proses

*Produk

*Pribadi

*Pendorong

sangatlah penting untuk anak kreatif . Karena , tanpa strategi 4P.  kreatifitas seseorang sulit untuk dikembangkan dan diwujudkan .

-Proses :  kreatifitas merupakan proses untuk mengembangkan sesuatu yang ada dalam diri manusia , dalam pikiran manusia untuk dikembangkan .

-Produk :  kreatifitas merupakan hal untuk menciptakan sesuatu yang baru yang dapat diakui oleh masyarakat.

-Pribadi :  kreatifitas merupakan ungkapan unik dari seluruh pribadi sebagai hasil interaksi individu ,  perasaan , sikap dan perilakunya .

-Pendorong : merupakan kekuatan-kekuatan pendorong untuk  mewujudkan kreatifitas itu sendiri .

4. Guilford (1967) menyatakan bahwa intelejensi berkaitan dengan berpikir secara konvergen , sedangkan kreativitas adalah berkaitan dengan kemampuan seseorang untuk berpikir divergen . Bagaimana menurut anda mengenai pernyataan diatas !

-Saya setuju dengan pendapat tersebut bahwa intelegensi berkaitan erat dengan berpikir secara konvergen karena hasil dari intelegensi adalah terfokus pada satu jawaban tunggal yang paling tepat dari diri manusia dalam memecahkan suatu masalah . Dan kreatifitas berkaitan erat dengan berfikir divergen karena orang-orang kreatif memiliki pemikiran yang luas dan berkembang dalam pemecahan masalah .

5. Berikan contoh 3 perilaku kreatif yang mencerminkan Teori Freud (psikoanalisis) & Teori Kris (mekanisme pertahanan) !

Seseorang yang mengalami trauma atau dalam keadaan tertentu biasanya akan menjadi semakin kreatif untuk menghilangkan traumanya , seperti contoh: orang yang di PHK dari pekerjaanya akan menciptakan hal-hal baru agar tidak menjadi pengangguran .

Kreatif berawal dari imajinasi ketika keinginan tidak tercapai . Orang kreatif akan memulai semuanya dengan banyak imajinasi atau khayalan. Orang yang kreatif akan selalu berfikiran positif dalam menghadapi apapun dan selalu memandang masalah dari sudut terbaik dengan pemecahan yang baik pula

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: